Minggu, 12 Juni 2011


  Latar Belakang

Mata sebagai jendela dunia bagi manusia adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sebagai salah satu dari lima indera manusia, mata berguna untuk menyampaikan informasi visual kepada otak. Apabila mata mengalami gangguan fungsi yang disebabkan penyakit, informasi yang dihasilkan dari lima indera akan mengalami ketidakseimbangan yang sudah pasti berujung pada gangguan dalam aktivitas keseharian manusia.
Penyakit mata yang termasuk dalam kategori semi gawat yang sampai saat ini dapat diidentifikasi sebanyak 19 macam, dengan 57 macam gejala yang mungkin saja muncul. Penyakit-penyakit tersebut jika tidak ditangani secara cepat dapat mengakibatkan kebutaan. Penanganan yang cepat dan tepat membutuhkan diagnosa yang akurat, dan diagnosa yang akurat membutuhkan kerja sama semua pihak, termasuk dokter dan pihak pasien.
Klinik atau rumah sakit bagi masyarakat perkotaan adalah fasilitas publik yang lumrah ditemukan, tetapi tidak bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kota. Sarana dan prasarana yang minim adalah masalah pokok bagi masyarakat yang tinggal jauh dari kota, terutama masyarakat yang tinggal di luar pulau Jawa. Masyarakat yang membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai, harus menempuh jarak yang cukup jauh menuju kota agar dapat menggunakan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Tetapi hal itu tidak menjamin bahwa masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan, karena dalam berbagai kasus jumlah tenaga ahli kesehatan yang spesifik, misalkan spesialis penyakit mata, tidak seimbang dengan jumlah pasien.
Sistem pakar dapat digunakan para dokter/tenaga medis sebagai alternatif dalam mendiagnosa penyakit mata, dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu aplikasi tersebut diharapkan dapat digunakan dengan mudah oleh setiap tenaga kesehatan di manapun berada, tanpa keharusan kehadiran pakar atau spesialis penyakit mata. Metode yang tepat untuk melakukan proses diagnosa oleh aplikasi tersebut adalah forward chaining, dikarenakan metode tersebut melacak berdasarkan urut-urutan gejala yang muncul terlebih dahulu sebelum hasil diagnosa didapatkan.

Download file disini
password lihat disini



1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!